Ondoafi Kampung Yoka: Tidak Ada Istilah Otsus Gagal

Ondoafi Kampung Yoka: Tidak Ada Istilah Otsus Gagal

Fenomena pro dan kontra jelang berakhirnya kebijakan anggaran Otonomi Khusus (Otsus) Papua pada 2021 terus bergulir di tengah masyarakat.

“Memang ada pihak yang menilai bahwa selama ini Otsus gagal, tapi pada kenyataannya tidak ada istilah gagal. Banyak bukti nyata kalau Otsus berhasil merubah kesejahteraan masyarakat secara perlahan,” demikian tegas Ondoafi Kampung Yoka, Titus Membri, di Jayapura, Selasa (11/8/2020).

Ia meminta agar semua pihak saling bergandengan tangan guna mendukung Otsus Jilid II di Papua, mengingat kebijakan tersebut selama ini telah membawa banyak perubahan.

“Kalau tidak ada Otsus dan hanya berharap pada APBD serta APBN, Papua ini akan sangat tertinggal dengan daerah lain di Indonesia. Itu dinilai dari segi dana, sementara dari segi keberpihakan pun akan tertinggal,” kata Ondoafi Titus.

Ia pun berharap kepada semua pihak untuk mendukung Otsus Jilid II di Papua, meski dengan catatan harus ada evaluasi.

“Kita harus dukung, kalau dianggap gagal itu bukan Otsusnya tapi oknum yang punya kewenangan itu, dan itu yang harus di garis bawahi serta di evaluasi,” tegasnya.

Bahkan dirinya pun menambahkan 12 kampung yang ada di Kota Jayapura secara aklamasi telah mendukung agar Otsus Jilid II harus diperpanjang.

“Tidak ada yang menolak, kami semua mendukung, kalau ada oknum yang menolak itu secara pribadi buka mewakili Papua,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *