Munas Kadin 2021 Dianggap Sebagai Pemulihan Ekonomi, Akademisi UGM Dukung Arsjad Rasjid Menjadi Ketua Kadin

Munas Kadin 2021 Dianggap Sebagai Pemulihan Ekonomi, Akademisi UGM Dukung Arsjad Rasjid Menjadi Ketua Kadin

Saya berharap Musyawarah Nasional Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Munas Kadin yang akan diselenggarakan pada Juni 2021 mengusung tema besar, yaitu pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi Covid-19.

Kadin adalah mitra strategis Pemerintah dalam membangun ekonomi Indonesia dari sisi perdagangan swasta.

Perkonomian Indonesia tidak dalam kondisi terpuruk, hanya sedikit lesu. Konsekuensi logis lesunya perdagangan di Indonesia akibat pandemi Covid-19. Perlu langkah strategis dari Pemerintah dalam bentuk paket kebijakan ekonomi yang amat seksi, sehingga sektor perdagangan mikro dan UMKM bisa ikut menggeliat dari sejak awal pemulihan ekonomi nasional.

Terbentuknya Kementerian Investasi adalah angin segar bagi perekonomian Indonesia dalam mendapatkan modal dari luar, tanpa mengganggu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, sehingga APBN tetap sehat dan efektif.

Saya tidak ingin bicara detail kebijakan ekonomi makro Indonesia pasca pandemi Covid-19 kaitannya dengan pemulihan ekonomi. Namun, kali ini saya lebih tertarik membahas Kadin sebagai mitra strategis pemerintah.

Saya secara pribadi mendukung penuh langkah Arsjad Rasjid mencalonkan sebagai Ketua Kadin Indonesia.

Munculnya beberapa nama calon Ketua Kadin Indonesia dalam Munas mendatang, menarik untuk dicermati rekam jejak profesinya dan perlu didukung kandidat yang bisa membawa gerbong Kadin bermitra strategis dan sinergis dengan Pemerintah khususnya saat fase pemulihan ekonomi.

Arsjad Rasjid adalah salah satu kandidat Ketua Kadin Indonesia. Beberapa kali saya bertemu dia di Jakarta. Ngobrol santai berdua, perihal sesuatu yang menurut saya rumit atau bahkan pelik. Saya pancing kemampuan dia dalam mengenali masalah, menganalisis dan mencari jalan keluar.

Di mata saya, Arsjad Rasjid adalah anak muda yang berpikir kritis dan mendasar. Pola pikirnya memenuhi kaidah pola pikir modern, yaitu untuh memahami sesuatu, koordinatif, dan sustainabel.

Saya yakin jika Arsjad Rasjid terpilih menjadi Ketua Kadin Indonesia, dia akan mampu memunculkan spot-spot ekonomi baru di tanah air dari sektor swasta.

Saya secara pribadi mendukung penuh langkah Arsjad Rasjid mencalonkan sebagai Ketua Kadin Indonesia.

Anak muda dengan segudang pengalaman manajerial perusahaan besar dengan pola pikir yang sangat menggiurkan untuk menggerakkan sektor perdagangan di Indonesia.

*Akademisi Universitas Gadjah Mada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *