MUI Kembali Ingatkan Umat Islam Sholat Idul Fitri di Rumah

MUI Kembali Ingatkan Umat Islam Sholat Idul Fitri di Rumah

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Abdullah Djaidi kembali mengingatkan kepada seluruh umat Islam Indonesia untuk melaksanakan sholat Idul Fitri di rumah masing-masing. Hal ini disampaikan usai mengikuti sidang Isbat Kementerian Agama (Kemenag) yang telah memutuskan Idul Fitri 1441 Hijriah akan jatuh pada Ahad (24/5) lusa.

“Jadi bagi kita MUI mempunyai pertimbangan, untuk menekan merebaknya wabah Corona ini sebaiknya kita sholatdi rumah masing-masing,” ujar Kiai Djaidi saat konferensi pers sidang Isbat di Kantor Kemenag, Jakarta Pusat, Jumat (22/5).

MUI memang sejak jauh hari telah mengimbau kepada umat Islam untuk melaksanakan shalat Idul Fitri di rumahnya masing-masing. Menurut dia, hal ini untuk menghindari terjadinya kerumunan yang bisa membuat Covid-19 semakin merebak di negara ini.  

“Oleh sebab itulah, maka MUI dengan fatwa nomor 28 tahun 2020 menyampaikan sholat Idul Fitri di rumah itu bukan hal yang dilarang,” ucapnya.

Berdasarkan kaidah fikih, menurut dia, umat Islam hendaknya selalu menghindari kemudharatan daripada mengmabil kemaslahatan di tengah situasi Covid-19 ini. Karena itu, kata dia, sholat Jumat yang hukumnya wajib saja diperbolehkan untuk dilaksanakan di rumah.

“Sholat Jumat saja kita menyampaikan dapat dilaksanakan di rumah secara sendiri atau berjamaah. Itu yang wajib, apalagi sholat Idul Fitri yang sunnah,” katanya.  

Untuk mengantispasi merebaknya virus Covid-19 ini, dia juga meminta kepada umat Islam agar tetap bersabar dalam merayakan Idul Fitri tahun ini. Dengan bersabar, dia yakin Allah SWT akan memberikan jalan keluar yang terbaik di tengah pandemi ini.  

Selain itu, dia juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu merajut kebersamaan dalam menghadapi Covid-19, sehingga bisa menatap masa depan bangsa ini lebih baik lagi. “Hendaknya sesudah Idul Fitri pun tetap merajut kebersamaan kita, persaudaraan kita, sehingga kita dapat bersama-sama menanggulangi wabah Corona ini. Sehingga kita dapat mentap masa depan bangsa ini lebih baik,” ujarnya.

“Mudah-mudahan Allah SWT akan dapat menjaga kita, memelihara kita, serta mengeluarkan kita dari kondisi yang terburuk ini kepada kondisi yang lebih baik,” ujarnya.

Sumber : https://republika.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *