Momentum 17 Agustus, BPIP Ingin Pancasila Jadi Arus Kehidupan Berbangsa

Momentum 17 Agustus, BPIP Ingin Pancasila Jadi Arus Kehidupan Berbangsa

Momentum Peringatan HUT ke 75 Republik Indonesia (RI) saat ini harus dapat menjadikan Pancasila sebagai arus utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal itu perlu dilakukan guna mewujudkan keadilan sosial.

Hal itu disampaikan langsung Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo saat perayaan hari jadi RI ke-75. “Pancasila sangat dibutuhkan bukan hanya menjaga persatuan tetapi Pancasila merupakan aplikasi kehidupan bangsa ini” ucap Rohaniawan BPIP Romo Benny 13/8.

Romo Benny melanjutkan, saat ini BPIP terus berupaya mengarus utamakan Pancasila dalam kehidupan publik. Mengarus utama yang dimaksudkan, kata dia, adalah dapat menjadi cara berpikir serta menjadi dasar dalam menggerakkan nilai persaudaraan antar bangsa dan bernegara.

“Lalu bertindak, berelasi pejabat Negara, pelaku ekonomi dan masyarakat diharapan memiliki nilai keimanan dalam mewujudkan nilai kemanusian, persatuan, musyarawah dan mufakat dalam praktek kehidupan bersama dan keadilan menjadi perilaku hidup,” tegas Romo Benny.

Romo Benny menambahkan, jika nilai tersebut menjadi keutaman publik maka Indonesia akan mampu menjadi bangsa memiliki keunggulan “Kedepan bangsa Indonesia akan menjadi acuan bagi dunia,” tandas Romo Benny.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *