MenPAN-RB Dukung Penanggulangan Radikalisme di Lingkaran ASN

MenPAN-RB Dukung Penanggulangan Radikalisme di Lingkaran ASN

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo menilai bahwa salah satu persoalan yang tengah dihadapi oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah adanya paham radikal.

“Masalah kebangsaan yang dihadapi bangsa Indonesia adalah adanya radikalisme,” kata Tjahjo di Jakarta, Kamis (11/6/2020).

Ia menyatakan pula mendukung upaya apapun untuk menekan potensi paham radikal yang ada di lingkungan ASN di Indonesia. Termasuk juga bagaimana menjangkau penanganan radikalisme melalui platform digital.

“Proyek perubahan terkait penanganan radikalisme juga perlu diperluas dan beradabtasi menggunakan platform digital,” ujarnya.

Kemudian, politisi PDI Perjuangan ini pun menyampaikan dukungannya terhadap aplikasi “ASN No Radikal” yang merupakan optimalisasi dari situs aduan online yakni aduanasn.id yang terintegrasi dari pusat sampai di tingkat daerah.

Namun Tjahjo menekankan agar ada saling terhubung dan berkesinambungan antar kedua sistem tersebut baik aduanasn.id maupun dengan aplikasi ASN No Radikal. Sehingga upaya penanggulangan radikalisme yang diharapkan dapat berjalan lebih masif dan optimal.

“Perlu menjadi perhatian, ke depannya adalah integrasi sistem dan data aplikasi dari kedua sistem,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *