Ma’ruf Amin : BPIP Ambil Peran Besar Dorong Implementasi Pancasila

Ma’ruf Amin : BPIP Ambil Peran Besar Dorong Implementasi Pancasila

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta agar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bisa mengambil peran yang lebih besar dalam rangka mengimplementasikan Pancasila.

Sebagai orang yang pernah menjadi salah satu anggota Dewan Pengarah BPIP, Ma’ruf ingin menyampaikan harapan agar BPIP bisa melaksanakan fungsi tersebut,

“Yakni dalam rangka implementasi Pancasila baik di bidang politik, hukum, ekonomi, sosial dan budaya,” kata Maruf dalam acara Simposium Nasional dengan tema “Studi dan Relasi Lintas Agama Berparadigma Pancasila” melalui telekonferensi.

Ma’ruf pun menyebut, “Selama ini Pancasila sudah terbukti mampu menjaga kerukunan seluruh bangsa, sehingga tercipta integrasi nasional.”

Meski demikian, Ma’ruf menyatakan, perkembangan masyarakat yang sangat dinamis, termasuk dalam berkomunikasi atau berinteraksi dengan masyarakat dunia, tidak menutup kemungkinan muncul pemahaman dan sikap keagamaan yang bisa mengancam kerukunan dan integrasi bangsa.

“Untuk mewujudkan integrasi nasional ini diperlukan kehidupan yang rukun dan harmonis antar umat beragama, baik dalam konteks kehidupan sosial maupun kehidupan politik. Upaya-upaya itu perlu terus-menerus dilakukan, terutama melalui empat bingkai kerukunan,” papar Ma’ruf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *