Mahfud MD Apresiasi Sikap Amien Rais yang Akui TNI-Polri Tak Terlibat Peristiwa 6 Laskar FPI

Mahfud MD Apresiasi Sikap Amien Rais yang Akui TNI-Polri Tak Terlibat Peristiwa 6 Laskar FPI

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengapresiasi sikap dari anggota Tim Pengawal Peristiwa Pembunuhan (TP3) Amien Rais yang mengakui kalau secara kelembagaan TNI-Polri tak terlibat dalam peristiwa pembunuhan enam laskar FPI di Tol Jakarta-Cikampek. 

“Terimakasih, Pak Amien, atas sportivitasnya mengumumkan temuan TP3 tentang terbunuhnya 6 Laskar FPI, bahwa, tidak ada keterlibatan TNI-POLRI. Artinya peristiwa bukan Pelanggaran HAM berat melainkan kejahatan biasa. Pelanggaran HAM Berat itu melibatkan aparat secara terstruktur dan sistematis,” tulis Mahfud dalam akun Twitter pribadinya @mohmahfudmd, Kamis (8/7/2021). 

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menjelaskan, ketika dahulu Amien ketemu dengan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, sudah dijelaskan bahwa Komnas HAM tak menemukan dugaan terjadinya pelanggaran HAM Berat. 

“Ketika Pak Amien dan TP3 bertemu dengan Presiden, Pemerintah juga sudah mengatakan bahwa Komnas HAM tidak menemukan terjadinya Pelanggaran HAM Berat. Tapi kalau TP3 punya bukti tentang pelanggaran HAM Berat itu Pemerintah akan menindaklanjuti sesuai UU 26/2000. Ternyata bukti-bukti tidak ada. Trims TP3,” sambungnya. 

Sebelumnya, dikutip dari suarayogyakarta, Amien Rais memberikan catatannya terhadap Buku Putih “Pelanggaran HAM Berat Pembunuhan Enam Pengawal HRS” yang diterbitkan TP3.

Amien mengatakan, setelah membaca dengan baik buku tersebut, hal yang penting menurutnya adalah secara kelembagaan TNI dan Polri tidak terlibat, baik dalam pembentukan skenario maupun implementasi peristiwa tewasnya enam pengawal Rizieq beberapa waktu lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *