Mahfud dan 5 Menteri Sambangi DPR, Serahkan Surat Penundaan Pembahasan RUU HIP

Mahfud dan 5 Menteri Sambangi DPR, Serahkan Surat Penundaan Pembahasan RUU HIP

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD bersama lima menteri lainnya berangkat menuju DPR RI sekitar pukul 11.15 WIB, Kamis (16/7/2020).

Keberangkatan tersebut berkaitan dengan penyerahan surat penundaan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

“Saya bersama lima menteri yang diutus oleh Presiden untuk mengantarkan pandangan dan posisi pemerintah tentang RUU HIP,” ujar Mahfud dalam konferensi pers yang disiarkan Kompas TV, Kamis siang.

Mahfud menjelaskan surat tersebut diserahkan kepada pimpinan DPR setelah sebelumnya lebih dulu menyerap pandangan dari sejumlah tokoh dan masyarakat. Termasuk dengan perkembangan yang terjadi di media massa.

Dalam surat tersebut, kata Mahfud, pemerintah telah memiliki pandangan mengenai RUU HIP.

“Pemerintah sudah punya posisi dan pandangannya yang hari ini akan disampaikan langsung kepada pimpinan DPR karena sesudah ini DPR akan reses,” kata Mahfud.

Keberangkatan Mahfud menuju DPR bersamaan dengan empat menteri lainnya, yakni Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

Kemudian, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) Yasonna H Laoly, dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Sedangkan, satu menteri lain yang dijadwalkan turut hadir adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang diwakili Wamenhan, Sakti Wahyu Trengono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *