Lewat Kartu Prakerja, Pemerintah Dorong Masyarakat Pindah ke Transaksi Digital

Lewat Kartu Prakerja, Pemerintah Dorong Masyarakat Pindah ke Transaksi Digital

Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan, Kemenko Bidang Perekonomian Gede Edy Prasetya mengatakan pemerintah menjadikan program Kartu Prakerja sebagai upaya mendorong masyarakat untuk bisa mengakses keuangan formal. Caranya dengan memberikan bantuan pembiayaan pelatihan menggunakan uang elektronik.

Tujuannya pemerintah ingin mengingatkan masyarakat tentang perlunya menabung. Sehingga penerima manfaat Kartu Prakerja bisa mengakses keuangan formal.

“Karena menabung banyak gunanya, apalagi masa pandemi ini menabung menjadi hal yang utama,” tutur Gede dalam Webinar Kemenko Bidang Perekonomian bertajuk ‘Makin Inklusif dengan Kartu Prakerja’ di akun YouTube Dewan Nasional Keuangan Inklusif, Jakarta, Selasa (28/4).

Lebih lanjut Gede menuturkan, menabung bisa membantu meningkatkan dana pembangunan yang dikelola pemerintah yang berdampak pada penurunan suku bunga. Sehingga dengan suku bunga yang menurun ini bisa dinikmati masyarakat secara umum.

Apalagi penggunaan uang tunai disinyalir jadi salah satu tempat terjadinya transmisi penularan Covid-19. Untuk itu, demi mengurangi resiko penyebaran virus, pemerintah mendorong masyarakat beralih ke transaksi digital.

“Diharapkan masyarakat bisa melakukan transaksi digital agar aman,” kata dia. Untuk itu Kartu Prakerja memanfaatkan metode pembayaran digital dalam prosesnya. Sehingga selain aman secara transaksi dan kesehatan penerima manfaat program ini terjaga.

“Jadi untuk sementara ini kita gunakan digital payment untuk mengamankan kesehatan kita sendiri,” kata Gede.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *