Lawan Covid-19, Papua Dapat Kiriman Sepuluh Ribu APD dan Lima Ribu Masker

Lawan Covid-19, Papua Dapat Kiriman Sepuluh Ribu APD dan Lima Ribu Masker

Provinsi Papua mendapatkan kiriman 15.000 alat kesehatan dari Jakarta untuk menangani pandemi Covid-19. Bantuan tiba di Jayapura dengan menggunakan pesawat TNI AU, Jumat (10/4).

Komandan Pangkalan Udara Silas Papare Jayapura, Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso menuturkan, alat kesehatan ini dikirim dari Bandara Udara Halim Perdanakusuma Jakarta. Total 4,6 ton alat kesehatan diterbangkan ke wilayah Papua, 3,4 ton di antaranya diturunkan di Jayapura.

“Total 4,6 ton dari Jakarta, 3,4 ton turun di Jayapura, terdiri dari 200 koli APD dan 5 koli masker. Jumlah 5.000 masker dan 10.000 APD (Alat Pelindung Diri),” terang Tri Bowo kepada wartawan di Jayapura, Jumat (10/4).

Ribuan alat kesehatan ini diangkut menggunakan pesawat Boing 7306 yang dipiloti oleh Mayor Erik. Pengiriman ini sesuai dengan komitmen Kepala Staf Angkatan Udara, bahwa TNI-AU siap mendukung totalitas alutsista yang dimiliki AU.

“Mereka dengan penuh semangat mengantarkan APD karena sudah perintah dari komando atas. Besok diturunkan di Manokwari, Papua Barat 6 koli,” kata Tri Bowo seraya menampik tudingan bahwa TNI hanya tidur-tiduran saja.

Tri Bowo menambahkan, masker dan APD ini merupakan bantuan dari berbagai pihak, salah satunya dari Junior Dokter Indonesia. Dia pun mempersilahkan para bupati di Papua agar mengusulkan kepada Gugus Tugas Pusat jika ingin mengirimkan alat kesehatan.

“Barang-barang ini telah dikoordinir oleh Gugus Tugas Pusat, yang kemudian mekanisme disampaikan kepada Panglima TNI (Marsekal TNI Hadi Tjahjanto), kemudian meneruskan ke jajaran Angkatan Udara,” terangnya.

Sebelumnya, Satgas Pengendalian, Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Papua mencatat 48 kasus positif corona hingga Kamis (9/4) malam. Lima pasien di antaranya tujuh sembuh, tujuh pasien meninggal dunia dan 34 dalam perawatan.

48 kasus kumulatif ini tersebar di lima daerah di Papua. Kasus positif terbanyak terjadi di Kota Jayapura dengan total 20 kasus, dengan rincian 14 dalam perawatan, tiga sembuh dan tiga meninggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *