Langkah Strategis Dongkrak Produksi Padi

Langkah Strategis Dongkrak Produksi Padi

BANTUL – Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kabupaten Bantul mengambil berbagai langkah untuk menjaga surplus beras diangka 29 ribu ton setiap tahunnya. Lahan sawah seluas 14.919 haktare di 17 kecamatan di Bantul dijaga agar tidak terjadi alih fungsi lahan. Sementara petani didorong menerapkan pola tanam yang berorientasi meningkatkan produksi beras.

“Di Bantul terdapat lahan 50.000 hektare, terdiri sawah, pekarang, tegalan sementara untuk lahan sawah dikisaran 14.919,” ujar Kabid Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan DPPKP Bantul ,Ir Imawan Eko Handriyanto MP, Jumat (24/7).

Lahan sawah tersebut ditanami padi dua kali setahun. Jika dikalkulasi dalam setahun panenan padi berasal dari 27 ribu hektare. Dengan dua kali musim tanam hasilnya atau produksinya dalam setahun dikisaran 198.000 ton. Jika dikalkulasi dengan kebutuhan konsumsi per tahunnya Kabupaten Bantul masih surplus 29 ribu ton beras. Tetapi memang seiring berjalannya waktu dan pertambahan penduduk makin kebutuhan beras otomatis juga meningkat.

“Disampingi itu Bantul juga penyangga kabutuhan pangan nasional. Oleh karena itu harus ada upaya upaya peningkatan produksi beras,” ujar Imawan.

Selain itu, sekarang produktivitas tanah makin menurun hal tersebut berdampak terhadap produksi gabah. Dalam kondisi tersebut, perlu ditempuh upaya peningkatan produksi dan produktivitas. Tetapi dinas sejauh ini lebih fokus ke peningkatan produktivitas. Artinya teknologi-teknologi yang ada saat ini mesti terus di kembangkan. “Pengelolaan tanaman terpadu itu mulai dari pembenihan pascapanen hingga pemasaran,” jelasnya.

Imawan mengungkapkan, petani juga terus didorong memanfaatkan benih varietas unggul pola tanam tiga proses pemupukan. “Dalam upaya meningkatkan produksi beras tentu langkah-langkah yang dilakukan harus berkesinambungan mulai dari penggunaan bibit berumur muda, pola tanam, hingga pemupukan,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *