Categories Yogyakarta

KPU Kota Yogyakarta Pastikan Logistik Pemilu 2024 Aman

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Yogyakarta Noor Harsya Aryosamodro memastikan seluruh logistik Pemilu 2024 yang tersimpan di gudang penyimpanan wilayah setempat dalam kondisi aman dari risiko pencurian dan kerusakan akibat kondisi cuaca.

“Kami sudah memiliki tata kelola dan standar prosedur untuk keamanan, baik secara fisik (gedung penyimpanan) maupun SDM,” kata Noor Harsya di Yogyakarta, Senin.

Menurut Harsya, untuk menghindari risiko pencurian, logistik pemilu yang tersimpan di dua bangunan gedung penyimpanan di Jalan Pramuka, Kota Yogyakarta dijaga ketat oleh tim keamanan KPU bersama personel kepolisian selama 24 jam.

“Kami memiliki tenaga satuan keamanan dan didukung empat personel Polresta Yogyakarta,” ujar dia.

Secara periodik, lanjut Harsya, tim dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik DIY juga melakukan monitoring untuk memastikan logistik di gudang penyimpanan dalam kondisi aman.

“Kami secara rutin melakukan pemantauan di gudang baik unsur komisioner maupun sekretariat yang bertanggung jawab terkait logistik pemilu,” kata dia.

Sementara itu, untuk melindungi dari risiko terkena air atau banjir maupun kebakaran, Harsya memastikan fasilitas fisik gedung penyimpanan baik pada dinding maupun atap telah memenuhi standar yang ditentukan.

“Fasilitas fisik atap, dinding gedung, alat keamanan kebakaran, dan SDM keamanannya seluruhnya sudah kami penuhi,” kata dia.

Harsya menjelaskan saat ini seluruh logistik tahap pertama yang mencakup bilik suara, kotak suara, tinta, segel, alat tulis kantor, alas dan paku coblos, hingga plastik pembungkus kotak suara telah tersimpan di gudang.

Sementara untuk surat suara, salinan daftar caleg DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan kabupaten kota maupun capres-cawapres serta seluruh pengadaan logistik tahap dua diperkirakan baru tiba di gudang logistik di Jalan Pramuka, Kota Yogyakarta pada pertengahan Januari 2024.

“Setiap logistik yang datang langsung kami lakukan penyortiran dan pelipatan dengan alat kelengkapan TPS masing-masing,” kata Harsya.

KPU Kota Yogyakarta mencatat 321.645 orang masuk daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2024, terdiri atas 166.851 pemilih perempuan dan 154.794 pemilih laki-laki.

Mereka akan memilih di 1.298 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 14 kecamatan.

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *