KPU Kota Yogyakarta Luncurkan Maskot Jingle Pilkada 2024, Dimeriahkan Bazar UMKM hingga Ndarboy Genk

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta resmi meluncurkan maskot dan jingle untuk Pilkada 2024 mendatang, Selasa (18/6/2024).

Menariknya, agenda yang berlangsung di Lapangan Kenari, Kemantren Umbulharjo tersebut, dimeriahkan juga dengan bazar UMKM serta pertunjukan musik.

Ketua KPU Kota Yogyakarta, Noor Harsya Aryo Samudro, mengatakan, maskot dan jingle diluncurkan untuk mensosialisasikan Pilkada Kota Yogya yang digelar 27 November nanti.

Sehingga, warga masyarakat yang sudah berusia 17 tahun pada tanggal tersebut, tergerak menyalurkan hak pilih untuk Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta pilihannya.

“Hak pilih harus digunakan untuk menentukan dan mengawal kepemimpinan Kota Yogyakarta lima tahun kedepan,” tandasnya.

Oleh sebab itu, dalam peluncuran maskot dan jingle ini, pihaknya berusaha mengemas acara dengan semeriah mungkin, untuk menarik animo warga masyarakat, khususnya di Kota Yogyakarta.

Sehingga, beberapa artis kenamaan pun dihadirkan dan siap menghibur para penonton, sedari sore hingga malam hari.

“Sore hari kami menghadirkan Hasoe Angel untuk menghibur masyarakat, kemudian malamnya ada penampilan Ndarboy Genk,” ungkapnya.

“Alhamdulillah meriah, untuk mensosialisasikan kepada warga yang sudah terdaftar sebagai pemilih Pilkada, atau yang 27 November berusia 17 tahun,” tambah Harsya.

Adapun maskot berwujud buah kepel dan jingle Pilkada 2024 berjudul Ayo Memilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogya, merupakan karya penduduk Kota Pelajar.

Keduanya dipilih melalui sayembara yang digulirkan KPU Kota Yogyakarta dan diikuti masing-masing 12 peserta untuk kategori maskot maupun jingle.

“Pemenang sayembara jingle warga Blunyah Rejo, lalu sayembara maskot dimenangkan warga Pakualaman. Nanti jingle akan diputar di ruang-ruang publik, seperti di pasar tradisional,” terangnya.

Lebih lanjut, Harsya memaparkan, dalam agenda peluncuran maskot dan jingle ini, pihaknya pun turut serta melibatkan para pelaku UMKM.

Sehingga, tingginya animo warga masyarakat yang datang menyaksikan penampilan deretan artis, dapat mendongkrak perekonomian warga setempat.

“Total ada 20 UMKM yang menghadirkan produk-produk terbaiknya di kegiatan ini. Semuanya pelaku dari Kelurahan Muja Muju, Kemantren Umbulharjo,” pungkasnya.

About Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *