Ketua MPR Ingatkan Milenial Tanamkan Nilai Luhur Pancasila

Ketua MPR Ingatkan Milenial Tanamkan Nilai Luhur Pancasila

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan kembali kepada masyarakat, khususnya generasi milenial ihwal luhurya nilai-nilai Pancasila. Bamsoet mengatakan, Pancasila merupakan pondasi kokoh yang menjadi pemersatu Bangsa Indonesia.

“Melalui Pancasila, Indonesia menjadi ujung tombak dalam menstabilkan dunia yang tengah diguncang residu akibat Perang Dunia ke-II yang mengakibatkan terbelahnya dunia antara Blok Uni Soviet dan Blok Amerika Serikat. Konsepsi Pancasila yang ditawarkan Indonesia disambut baik berbagai negara di Asia dan Afrika, hingga akhirnya berhasil menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika pada 18 – 24 April 1955 di Bandung,” ujar Bamsoet di Jakarta, Kamis (2/7/2020).

Bamsoet berpesan agar konsepsi Pancasila yang sudah tertanam kuat sejak awal kemerdekaan Indonesia, tidak mundur ke belakang akibat abainya generasi muda memahami dan mengimplementasikan nilai luhurnya. Ia mengulas, nilai-nilai Pancasila hadir dalam kehidupan masyarakat di masa pandemi COVID-19.

“Kini di masa pandemi COVID-19, saya telah menyaksikan sendiri bagaimana laku Pancasila benar-benar hadir dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Setiap insan umat beragama, misalnya, semakin khusuk dan taat berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, di mana setiap rumah juga menjadi rumah ibadah, sebagai dampak penutupan sementara rumah-rumah ibadah yang masih berlangsung di beberapa daerah,” kata Bamsoet.

Ia menambahkan, dalam kondisi saat ini masyarakat mengimplementasikan nilai-nilai kemanusiaan dengan membantu sesama. Rakyat bahu-membahu bergotong royong saling membantu,suatu perilaku kolektif yang semakin menguatkan semangat persatuan Indonesia.

Mantan Ketua DPR RI Periode 2014-2019 ini juga meminta para penyelenggara negara dari pusat hingga daerah dapat satu barisan dalam bertukar pikiran, berdiskusi, dan bermusyawarah merumuskan berbagai kebijakan untuk membantu masyarakat. Kondisi pandemi, lanjutnya, harus menjadi pembuktian bahwa para elite pemangku kebijakan berada di garis depan mewujudkan nilai-nilai Pancasila, khususnya dalam melaksanakan sila kelima, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

“Jangan sampai krisis kesehatan akibat pandemi COVID-19 membawa berbagai krisis lainnya seperti krisis ekonomi, sosial, politik, bahkan krisis kepemimpinan. Para elite dan pejabat publik harus hadir dalam kehidupan rakyat. Masa pandemi harus dijadikan momentum yang tepat dalam meneladankan nilai-nilai Pancasila secara kolektif, sehingga menjadi kekuatan besar yang dapat membawa Indonesia bangkit melawan pandemi COVID-19,” tutup Bamsoet.

Sumber : https://news.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *