Kebutuhan APD Dokter dan Perawat DIY Aman Sampai Sebulan

Kebutuhan APD Dokter dan Perawat DIY Aman Sampai Sebulan

Tim gugus tugas penanganan Covid-19 DIY memastikan kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) dokter dan perawat di DIY aman hingga sebulan kedepan. DIY pun kini bersiap menambah lebih dari 150 ruang untuk perawatan pasien positif Corona di RSPAU Hardjolukito sebagai pelengkap RSUP Dr Sardjito.

Juru bicara penanganan Covid-19 DIY Berty Murtiningsih mengungkap saat ini stok APD di DIY dipastikan bisa untuk sebulan kedepan. DIY bahkan sudah mengusulkan anggaran penambahan untuk memastikan keamanan stok APD pasukan garda terdepan penanganan virus tersebut.

DIY baru saja menerima bantuan APD dari Kementrian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Jumlahnya tercatat sekitar 1.200-an yang kini sudah disiagakan di seluruh rumah sakit rujukan.

APD untuk RS, semoga bisa sampai 1 bulan ke depan, saat ini sudah diusulkan tambahan melalui anggaran Gugus Tugas pengadaan APD.

Terkait kondisi perawat dan dokter di garis terdepan, Berty menyebut kondisi masih terpantau baik. Pihaknya belum menerima laporan adanya tenaga medis yang mengalami masalah kesehatan saat merawat pasien Corona.

Sampai saat ini belum ada laporan. Kami mohon doa semuanya semoga para tenaga medis kita selalu diberikan keaehatan dan kemudahan dalam menolong para pasien.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie mengatakan saat ini Pemda sedang mengupayakan penambahan 150 bed untuk persiapan ruang isolasi pasien Corona apabila mengalami lonjakan.

Sarana dan ruangan cukup baik (Hardjolukito), kapasitasnya hampir 150 bed yang layak untuk isolasi. Kalau terjadi peningkatan besar eskalasi kita bisa siap. Kita lihat tingkat keparahan kalau di Hardjolukito penuh ya ke Sardjito tetap dipakai, di sana ada 30-an. Artinya mampu mendukung meski harapannya tidak terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *