Ikut Tes Swab Massal, Ratusan Tenaga Kesehatan di Kulonprogo Dinyatakan Bebas Covid-19

Ikut Tes Swab Massal, Ratusan Tenaga Kesehatan di Kulonprogo Dinyatakan Bebas Covid-19

KULONPROGO – Ratusan tenaga kesehatan di Kulonprogo telah mengikuti tes Swab massal yang digelar oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo. Hasilnya, belum ditemukan adanya nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru Bicara Penanganan Covid-19, Dinkes Kuloprogo, Baning Rahayujati mengatakan sampai dengan Rabu (16=5/7/2020) pihaknya telah melaksanakan tes swab massal lanjutan yang telah diikuti oleh 280 nakes dari 14 puskesmas di Kulonprogo.

Hasil test menunjukkan seluruh nakes itu negatif Covid-19. “Dan puji tuhan semua hasilnya negatif,” kata Baning, Kamis (16/7/2020).

Dinkes Kulonprogo masih akan melanjutkan tes swab massal ini pada minggu ketiga Juli. Ditargetkan, total jumlah nakes yang mengikuti test ini sebanyak 1.500-1.600 orang.

Selain nakes, Dinkes juga akan melakukan pemeriksaan test swab kepada komunitas dan kalangan yang dianggap cukup berisiko terpapar virus corona, salah satunya wartawan.

Test untuk para awak media rencananya dilakukan di Laboratioum Kesehatan Daerah (Labkesda) Kulonprogo pada pekan keempat Juli.

Seperti diketahui, tes Swab massal ini telah dilaksanakan sejak Rabu (8/7/2020) sampai dengan Agustus 2020 mendatang. Sasaran utamanya adalah nakes, termasuk karyawan di puskesmas dan rumah sakit di Kulonprogo.

Adapun tujuan utama penyelengaraan test swab ini adalah untuk mengetahui kondisi tenaga kesehatan yang ada di Kulonprogo. Jika ada yang terinfeksi corona, bisa segera ditangani oleh gugus tugas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *