Gugus Tugas DIY Siapkan Pergub SOP Mahasiswa di Tempat Kost dan Perkuliahan

Gugus Tugas DIY Siapkan Pergub SOP Mahasiswa di Tempat Kost dan Perkuliahan

Gugus tugas penanganan Covid-19 DIY baru akan menyusun panduan Standar Operasional Prosedur (SOP) bagi kalangan mahasiswa yang akan masuk ke DIY.

Meski baru akan disusun, satu hal yang wajib dibawa oleh para calon mahasiswa dan juga mahasiswa lama wajib menyertakan surat hasil rapid test dari daerah asal.

Wakil Ketua Gugus Tugas penanganan Covid-19 DIY, Biwara Yuswantana mengatakan, tahapan penyusuan panduan SOP kalangan mahasiswa khususnya yang menetap di kontrakan atau tempat kost sedang dibentuk.

“Kalau surat rapid test itu kan wajib. Karena SOP umum untuk mobilitas seseorang dari luar daerah kan wajib membawa itu,” katanya saat dikonfirmasi, Minggu (14/6/2020).

Ia melanjutkan, selain hasil negatif dari rapid test, Biwara juga mempertimbangkan terkait tes acak bagi kalangan mahasiswa begitu sudah datang ke DIY.

Dirinya akan mengusulkan dalam panduan SOP tersebut terkait perlunya test acak dikalangan mahasiswa.

“Saat ini baru akan dibahas dari tim gugus bidang kesehatan, bersama pak Gubernur. Test acak perlu, karena mahasiswa meski membawa rapid test setelah sampai di sini kan harus test rapid lagi,” paparnya.

Ia memperkirakan akan ada 200 ribu lebih mahasiswa yang bersiap memulai pembelajaran dan aktivitas perkuliahan kembali.

Panduan SOP tersebut pun diharapkan mampu menekan penyebaran Covid-19 ketika pelonggaran perkuliahan dengan tatap muka dapat dilaksanakan.

Bentuk dari panduan SOP tersebut rencananya berupa Peraturan Gubernur (Pergub) yang akan dijalankan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Setelah di OPD Provinsi, yang mendetailkan aturan ya dari bupati dan wali kota masing-masing,” tegas dia.

Pihak Gugus Tugas juga akan memberikan arahan kepada kelurahan hingga tingkat RT supaya memantau perkembangan mahasiswa yang datang kembali ke DIY.

“Termasuk SOP pemilik indekost juga tentunya menjadi pertimbangan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *