Bupati Paniai Berikan Solusi Untuk Pemulihan Ekonomi di Papua

Bupati Paniai Berikan Solusi Untuk Pemulihan Ekonomi di Papua

Bupati Kabupaten Paniai, Meky Nawipa mengatakan membangun ekonomi ditengah Covid-19 di Papua, mesti diawali dari penataan pola keuangan secara baik.Selain itu pemberdayaan ekonomi rakyat dan pendampingan secara berkelanjutan terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah  harus juga menjadi prioritas dalam upaya menyelematkan ekonomi masyarakat ditengah pandemic.

“pemerintah harus mendorong keluarga untuk membangun produk yang dapat menciptakan peluang, dan bisa dipasarkan dengan mudah. Misalnya, mengawal pedagang orang asli Papua yang sangat rentan terdampak covid-19,” kata Meky Nawipa di Jayapura. Rabu (29/7/20)

Kata Meky Nawipa, pemerintah hadir menjadi mentor dalam pengembangan ekonomi di Papua pada level mikro, kecil dan menengah di pelosok Papua.

“Termasuk dalam mempercepat pemulihan di Papua, khususnya kabupaten-kabupaten di wilayah Pegunungan Tengah yang relatif tertinggal,” Jelasnya.

Khususnya di Paniai, Pemerintah Kabupaten  saat ini tengah menggalakan program gerakan tanam Kopi bagi masyarakat dan sudah menanam ratusan ribu pohon kopi.

“Kami yakin bahwa rakyat di Papua memiliki semangat yang kuat untuk berubah lebih baik. Kami mengajak pemimpin-pemimpin daerah di Papua untuk turun bersama rakyat,” kata Nawipa

Selain itu, Bupati Nawipa meminta Komite Penanganan Covid-19 Nasional yang telah di bentuk presiden RI untuk mengutamakan aspek keselamatan manusia dalam pemulihan ekonomi dengan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi sektor-sektor usaha riil secara cepat akibat dampak pandemi Covid-19.

“Kami berharap Komite dapat benar-benar melaksanakan, mengendalikan implementasi kebijakan secara cepat dan tepat di Indonesia, dan khususnya di wilayah Papua,” Pungkasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *