BPIP Gelar Anugerah 75 Ikon Apresiasi Prestasi Pancasila

BPIP Gelar Anugerah 75 Ikon Apresiasi Prestasi Pancasila

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) malam nanti akan menggelar penganugerahan 75 ikon apresiasi prestasi Pancasila tahun 2020. Penganugerahan tersebut akan ditayangkan di stasiun Televisi Nasional pada sabtu, (29/8) pukul 18.30 WIB.

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Hukum Advokasi dan Pengawasan Regulasi BPIP Dr. Ani Purwanti, S.H,. M.Hum, mengungkapkan bahwa penganugerahan apresiasi prestasi Pancasila ini sudah dilaksanakan 3 kali yaitu tahun 2017, 2019 dan 2020. Pemberian apresiasi prestasi Pancasila ini merupakan salah satu advokasi positif BPIP kepada masyarakat.

“Iya, malam ini acaranya. Karena kondisi saat ini masih rawan pandemik Covid 19, jadi malam penganugerahan ini berbasis virtual dan akan disiarkan TV Nasional. Insya Allah Ibu Ketua Dewan Pengarah BPIP, Ibu Mega berkenan memberikan sambutan,” ujar Ani ketika dihubungi pada Sabtu (29/8).

Disampaikannya bahwa mereka yang terpilih memiliki prestasi, inovasi yang diakui dan bermanfaat serta memiliki dampak positif bagi masyarakat, bangsa dan negara maupun dunia internasional.  Para Peraih Apresiasi Prestasi Pancasila (Ikon Prestasi  Pancasila) merupakan bukti nyata bahwa nilai nilai Pancasila masih terpelihara dengan baik di bumi yang kita cintai, Indonesia. 

“Apresiasi Prestasi Pancasila tahun 2020 ini terbagi dalam lima Kategori yaitu Bidang Olah Raga, Seni Budaya, Sains dan Inovasi, Kewirausahaan Sosial serta Tokoh dan Penggerak Lintas Iman,” ujar Ani yang berpengalaman menjadi Dosen Pancasila selama 30 tahun di Undip Semarang.

Para peraih Ikon Prestasi diharapkan menjadi teladan dan panutan serta dapat menginspirasi masyarakat dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam tindakan pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

Lebih jauh diungkapkan bahwa kriteria pemilihan Ikon Prestasi Pancasila ini adalah Warga Negara Indonesia yang mengarusutamakan nilai-nilai Pancasila yaitu:

1. Memiliki rekam jejak yang positif;

2. Memiliki prestasi atau karya inovasi dan inspiratif;

3. Prestasi atau karyanya diakui oleh masyarakat, bangsa dan negara dan atau internasional;

4. Karya atau Tindakan yang memiliki dampak positif dan bermanfaat bagi bangsa dan negara Indonesia;

5. Memberikan inspirasi kepada masyarakat dan lingkungan sekitarnya. 

“Membudayakan nilai nilai Pancasila di seluruh lapisan masyarakat merupakan hal yang penting agar menjadi pendirian hidup dan laku hidup sehingga Pancasila tidak hanya dimengerti sebagai teks dalam kajian ilmiah atau pengetahuan, tetapi dapat dimengerti dalam hal hal sederhana yang terlihat dan tampak dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas  Ani.

Sementara itu, Kepala BPIP Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D dalam sambutannya secara virtual mengucapkan selamat dan sukses kepada 75 ikon apresiasi prestasi Pancasila. Ia berharap kepada 75 ikon prestasi Pancasila dapat menjadi mitra BPIP dan terus semangat dalam mewujudkan Pancasila dalam tindakan melalui gotong royong menuju Indonesia maju sesuai dengan bidangnya masing-masing.

“Saya berharap para ikon Pancasila akan menjadi Mitra BPIP, sebagai Panutan, sebagai pelopor dalam mengarusutamakan Pancasila kepada masyarakat luas sesuai dengan bidang Ibu Bapak dan Saudara saudari masing masing,” ucapnya.

Selain ditayangkan di TVRI, malam penganugerahan 75 ikon apresiasi prestasi Pancasila tahun 2020 ini juga akan ditayangkan melalui kanal Youtube BPIP dimeriahkan sejumlah tokoh dan musisi Indonesia seperti K.H Ahmad Mustofa Bisri alias Gus Mus, Addie MS, Trie Utami, Alffy Rev, Dewa Bujana, dan Didik Nini Thowok yang merupakan Ikon Prestasi Pancasila tahun 2017 dan 2019. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *