Bantu Sejahterakan Rakyat Papua, TNI Gelar Opster di Lanny Jaya

Bantu Sejahterakan Rakyat Papua, TNI Gelar Opster di Lanny Jaya

Kegiatan Operasi Teritorial (Opster) TNI di Kabupaten Lanny Jaya disebut merupakan salah satu upaya TNI untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

Komandan Kodim 1702/Jayawijaya, Letkol Inf Candra Dianto, mengungkapkan permohonan maaf saat menutup kegiatan Opster TNI pada Kamis (18/6/2020) di Kampung Pumbanak, Distrik Yugungwi, Lanny Jaya, Papua, itu. Sebab, sejatinya yang menutup kegiatan itu adalah Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan.

“Namun karena ada kegiatan yang lain yang tidak bisa ditinggalkan, Danrem mendelegasikannya kepada kami,” ungkapnya dalam keterangan resmi Jakarta, Jumat (19/6/2020) malam.

Candra memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Lanny Jaya dan Pasiter beserta jajarannya yang telah menyelenggarakan kegiatan Opster TNI 2020 itu sehingga berjalan baik, aman dan lancar.

“Opster TNI ini sesuai dengan Nawacita Presiden RI Joko Widodo yang mendekatkan pemerintahan sampai ke ujung pedalaman. Pembangunan seperti ini mungkin sudah diawali di daerah lain, untuk di wilayah Tiom (Ibu Kota Lanny Jaya), kita akan mulai di Distrik Yugungwi ini,” ujarnya.

Candra mengatakan, dengan anggaran terbatas, jajarannya berupaya semaksimal mungkin untuk dapat meningkatkan pembangunan di Lanny Jaya sehingga lebih maju lagi ke depannya.

“Kita bersyukur, melalui Opster TNI kali ini dapat mengerjakan pembangunan pasar tradisional satu unit, satu unit rumah sederhana, dua unit MCK umum, sumur cincin dua titik, lampu jalan PJO dan jembatan mini satu unit, serta bantuan tambahan berupa bibit ternak 10 ekor, beras 500 kg dan perlengkapan olahraga,” katanya.

“Kita berharap dengan pembangunan yang signifikan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan, sekaligus mempererat jalinan komunikasi antara aparat TNI dengan masyarakat menjadi lebih baik,” ungkap Candra melanjutkan.

Pada Opster TNI ini, Candra menyampaikan, kegiatan difokuskan pada pembangunan fasilitas yang betul-betul dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga dapat mengubah wajah kampung-kampung di Lanny Jaya menjadi lebih maju dan berkembang.

“Kiranya masyarakat dapat terus menjaga dan memelihara fasilitas yang telah dibangun ini sehingga dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lebih lama,” ujarnya.

TNI, Candra mengatakan, sungguh senang, karena beberapa waktu lalu dari wilayah Tiom ini sudah mengirimkan beberapa orang putra terbaiknya untuk dididik menjadi prajurit TNI AD.

“Selanjutnya saya berharap ke depannya makin banyak lagi putra terbaik dari wilayah ini yang akan kita didik menjadi prajurit TNI,” katanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Lanny Jaya Leteran Yigibalom, mengucapkan terima kasih kepada Danrem 172/PWY dan jajarannya yang telah membantu pembangunan di wilayahnya melalui Opster TNI 2020 ini.

“Melalui Opster TNI ini, dengan sasaran kampung-kampung pedalaman maka upaya mengamankan wilayah tentunya akan menjadi semakin kuat,” ungkapnya.

Leteran mengatakan, kehadiran TNI selain menjaga kedaulatan negara, juga terus meningkatkan pembangunan untuk dinikmati masyarakat. Oleh karenanya sudah sepantasnya seluruh masyarakat mendukung sepenuhnya kegiatan ini. “Semoga apa yang dibangun ini dapat bermanfaat bagi warga kami,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *