Bank Papua Siap Bantu Rekonstruksi 403 Ruko yang Rusak di Wamena

Bank Papua Siap Bantu Rekonstruksi 403 Ruko yang Rusak di Wamena

Presiden Joko Widodo menargetkan, proses rekonstruksi bangunan yang terdampak kerusuhan di , Kabupaten Jayawijaya, , harus selesai sebelum April 2020.

Wakil Menteri Pekerjaan Umun dan Pekerjaan Rakyat (PUPR) Jhon Wempi Wetipo telah menegaskan bahwa rekonstruksi tersebut akan dilakukan oleh pengusaha asli Papua.

Pelaksanaan proyek dan penunjukkan kontraktor itu akan dikoordinasikan oleh Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi).

Namun, pengusaha asli Papua memiliki hambatan dalam hal permodalan.

Untuk itu, manajemen telah memastikan siap memberikan pembiayaan bagi para pengusaha tersebut.

“Kalau untuk pembiayaan kita siap bantu, tentunya harus sesuai dengab prinsip-prinsip kehati-hatian bank,” ujar Direktur Keuangan Bank Papua Rudhy Dharma saat ditemui di , Jumat (13/12/2019).

Menurut Rudhy, proses pembayaran dari pekerjaan tersebut yang bersumber dari APBN akan disalurkan melalui Bank Papua.

“Kita kerja sama dengan Kementerian PUPR dan kita sudah siap melayani pembayaran pembangunan ruko-ruko dan rumah-rumah yang kena musibah kemarin,” tutur Rudhy.

Adapun, sebagian besar anggaran akan terserap untuk pembayaran gaji dan pekerjaan fisik.

Sementara itu, menjelang Natal 2019 dan tahun baru 2020, menurut Rudhy, Bank Papua juga telah menyiapkan uang tunai yang diyakini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dan pemerintahan di Jayawijaya.

Namun, menurut Rudhy, sangat mungkin jumlah kebutuhan masyarakat atas uang tunai menurun di wilayah tersebut.

Sebab, masih ada warga yang memilih mengungsi keluar daerah dan hingga kini belum kembali ke .

“Kalau di Wamena tahun lalu di angka kisaran Rp 100 miliar. Tetapi sekarang saya lihat sudah banyak balik para pendatang. Kemudian ekonomi sudah bergerak lagi. Kalau pun itu turun, saya yakin turunnya tidak besar,” kata Rudhy.

Sebelumnya, Wamen PUPR Jhon Wempi Wetipo mendatangi Pasar Wouma yang sudah direkontruksi, STISIP Yapis Wamena dan melakukan pertemuan dengan pengusaha lokal.

Ia memastikan proses rekontruksi 403 unit ruko akan segera berjalan, dengan pelaksanaannya dilakukan oleh pengusaha lokal yang dikoordinasikan oleh Gapensi.

“Sesuai dengan arahan Pak Presiden dan menteri, kita harapkan keterlibatan pengusaha putra daerah itu, agar mereka dapat manfaat dari apa yang dikerjakan PUPR,” ujar Wetipo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *