Bangun Jembatan Tumbang Samba, Jokowi Berharap Bisa Buka Kawasan Terisolasi

Bangun Jembatan Tumbang Samba, Jokowi Berharap Bisa Buka Kawasan Terisolasi

Presiden Joko Widodo memamerkan perkembangan pembangunan jembatan di atas Sungai Katingan di Kecamatan Katingan Tengah, Kalimantan Tengah, Kamis (23/1/2020).

“Selamat pagi. Sebuah jembatan dengan baja pelengkung berwarna merah dan batang-batang besi penyangga yang rapi bersilangan sudah membentang di atas Sungai Katingan di Kecamatan Katingan Tengah, Kalimantan Tengah,” tulis Jokowi melalui akun Istagram-nya.

Jokowi memberi nama Jembatan Tumbang Samba. Adapun jembatan tersebut mempunyai panjang 843,2 meter dengan berat mencapai 450 ton.

“Inilah Jembatan Tumbang Samba, jembatan terpanjang di lintas tengah Kalimantan. Panjangnya 843,2 meter, termasuk bentang tengah 108 meter. Dilengkapi dengan jembatan penghubung dan jalan pendekat pada kedua sisi. Struktur pelengkung baja bentang tengahnya seberat 450 ton dikerjakan di pabrik PT Wika Beton di Subang, Jawa Barat,” paparnya.

Kepala Negara berharap pembangunan Jembatan Tumbang Samba bisa membuka kawasan terisolasi di utara Katingan, sehingga roda perekonomian masyarakat bisa semakin meningkat.

“Saya berharap pembangunan Jembatan Tumbang Samba yang dimulai 2017 itu segera rampung untuk membuka kawasan terisolasi di utara Katingan, dan melengkapi jaringan jalan nasional dari Kalimantan Tengah ke Kalimantan Barat dan sebaliknya. Semakin terhubungnya Lintas Tengah Kalimantan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan karena di sekitarnya terdapat perkebunan dan pertambangan,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *