Anggaran Penanganan Covid-19 di Bantul Rp140 Miliar

Anggaran Penanganan Covid-19 di Bantul Rp140 Miliar

Pemerintah Kabupaten Bantul sudah menyiapkan anggaran penanganan pencegahan infeksi Coronavirus Disease atau Covid-19 sebesar Rp140 miliar. Anggaran tersebut sudah masuk dalam dana tak terduga. Dari jumlah anggaran tersebut yang sudah digunakan baru sekitar Rp39 miliar.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Bantul, Trisna Manurung mengatakan sebagian besar penggunaan anggaran penanganan Covid-19 ini ada di Dinas Kesehatan yang mencapai sekitar Rp20 miliar lebih. Anggaran tersebut termasuk untuk pengadaan Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 di Bambanglipuro, penambahan ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul, dan sejumlah alat pelindung diri.

“Selain itu untuk Jaring Pengaman Sosial [Bantuan sosial warga terdampak Covid-19 yang belum tersentuh dari bantuan Pusat dan Provinsi]. Kemudian untuk pemulihan ekonomi,” kata Trisna, Selasa (16/6/2020).

Trisna mengatakan dana Rp140 miliar yang disiapkan itu sebagai bentuk antisipasi penanganan Covid karena pandemi ini belum bisa diprediksi sampai kapan. Ia berharap pandemi segera berakhir sehingga anggaran yang dipersiapkan bisa dihemat. “Semoga anggarannya tidak sampai habis,” ucap Trisna.

Sumber : https://jogjapolitan.harianjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *