Ada Pandemi Corona di Bulan Puasa, Stok Darah di PMI DIY Aman

Ada Pandemi Corona di Bulan Puasa, Stok Darah di PMI DIY Aman

Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan antisipasi terkait persediaan darah selama masa pandemi Corona serta bulan puasa. Seperti diketahui, salah satu dampak Covid-19 adalah menurunnya stok darah di PMI DIY.

Ketua PMI DIY GBPH. H. Prabukusumo mengatakan PMI DIY telah meminta dukungan kepada pemerintah provinsi, kabupaten atau kota maupun TNI dan POLRI.

Alhamdulillah, stok darah sudah mulai pulih sebelum puasa kemarin. Kami juga berharap kepada masyarakat untuk bersama-sama mencegah Covid-19 ini dengan tetap mematuhi anjuran pemerintah, tinggal di rumah dan menjaga perilaku hidup bersih dan sehat,” jelas Gusti Prabu, Senin (27/4/2020).

Wakil Ketua Bidang Unit Transfusi Darah PMI DIY Suryanto, mengatakan jika stok darah saat bulan puasa biasanya menurun namun kali ini stok darah dinyatakan aman.

“Kami berusaha untuk menjaga kestabilan stok darah dengan sistem jemput bola. Masyarakat yang akan berdonor darah bisa menghubungi Unit Donor Darah kabupaten atau kota masing-masing wilayah untuk menyelenggarakan donor darah. Donor darah aman di PMI, karena kita sudah menerapkan Protokol Pencegahan Covid-19 terkait Donor Darah,” terangnya.

Adapun, di unit donor darah PMI Kabupaten Sleman, stok darah sampai dengan saat ini sampai empat hari ke depan masih aman. Stok darah aman di PMI Kabupaten Sleman sejumlah 50 kantong darah per hari, selama masa pandemi Covid-19 dan puasa sejumlah 42 kantong darah per hari. Ia dan jawatannya selalu berkoordinasi dengan gereja dan masjid, serta lembaga keagamaan besar untuk mengantisipasi ketersediaan stok darah.

Ia dan jawatannya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mendonorkan darahnya di unit donor darah PMI di wilayah masing-masing atau menyelenggarakan donor darah di wilayahnya. Pelayanan darah tetap dilayani 24 jam sedangkan penyadapan darah di UDD PMI Kota Yogyakarta dilayani mulai pukul 08.00-24.00 WIB.

Sedangkan, UDD PMI Kabupaten Sleman mulai pukul 08.00-23.00 WIB, sementara di UDD PMI Kabupaten Bantul mulai pukul 08.00 WIB-21.00 WIB, di Unit Donor Darah PMI Kabupaten Kulonprogo pukul 08.00-22.00 WIB, dan UDD PMI Kabupaten Gunungkidul pukul 08.00-21.00 WIB. Silakan donor darah di malam hari, setelah buka puasa, satu jam setelah makan,” pungkas dr Suryanto.

Sumber : https://jogjapolitan.harianjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *