5 Alasan Seseorang Lebih Memilih Sistem Operasi IOS Ketimbang Sistem Operasi Android

5 Alasan Seseorang Lebih Memilih Sistem Operasi IOS Ketimbang Sistem Operasi Android

Android dan IOS merupakan dua sistem operasi smartphone yang paling banyak digunakan di seluruh penjuru dunia terutama di Indonesia.

Android dipakai di smarthphone Google sedangkan IOS berada di sistem iPhone itu sendiri. Dua sistem operasi ini memiliki keunggulannya masing-masing.

Untuk persoalan harga, perangkat iPhone sendiri memiliki harga yang terbilang mahal di kalangan masyarakat indonesia. Meskipun mahal, tidak sedikit orang yang masih saja tertarik pada iPhone. Lalu, mengapa masih banyak orang yang tertarik menggunakan iPhone, berikut beberapa alasan yang perlu anda ketahui :

1. Ancaman Malware.

Pengguna android memang diuntungkan dengan kemudahan install aplikasi dan banyaknya pilihan toko aplikasi untuk men-download beragam aplikasi secara cuma-cuma/gratis. Namun, banyaknya toko aplikasi ini justru menjadi gudang virus dan malware, karena aplikasi yang diinstal tidak berasal dari sumber yang tidak terpercaya. Berbeda dengan iPhone yang hanya bisa mendownload aplikasi dari App Store, dan aplikasi yang masuk telah dikurasi dengan baik. Jadi dijamin lebih aman. Tak heran jika isu keamanan ini membuat orang lebih memilih iPhone dibanding android.

2. User Interface dan Experience.

Para pengguna iPhone merasa iOS punya tampilan dan user interface yang sederhana ketimbang android. Tidak perlu bingung dengan cara penggunaannya lagi.  Berbeda dengan android yang diproduksi oleh banyak vendor, tampilan User Interface antar vendor pasti berbeda. Ada Stock UI, MIUI, VIBE UI, dan lainnya yang berbeda satu sama lainnya. Belum lagi fungsi tombol akses di android yang juga berbeda, kadang cara screenshot di android pun berbeda-beda. Bahkan cara mengakses recent apps antar android pun selalu berbeda. Nah, untuk orang yang gak mau ambil pusing, tentu pasti akan lebih memilih iPhone walaupun harga iPhone relatif lebih mahal ketimbang Android.

3. Bersih dari bloatware.

Bloatware adalah aplikasi yang ditanamkan di perangkat oleh pihak manufaktur. Nah, berbeda dengan android yang akan dipenuhi dengan bloatware saat pertama kali dinyalakan, iPhone sendiri tidak memiliki yang seperti itu. Pada iOS penggunanya bisa uninstall semua aplikasi yang tidak pengguna inginkan. Sedangkan di android, ada saja aplikasi bawaan yang tidak bisa di-uninstall. Hal itu tentunya berpengaruh pada kapasitas memori pada smartphone tersebut sehingga menghambat kinerja smartphone.

4. Banyaknya aplikasi baru dikeluarkan lebih dulu di IOS.

Ketika developer ingin mengeluarkan aplikasi baru mereka, biasanya mereka akan memilih meluncurkannya di iOS terlebih dahulu. Salah satu alasannya adalah pengembangan aplikasinya yang lebih mudah ketimbang android.

5. Kesan ekslusif (premium).

Alasan terakhir orang lebih memilih iPhone ialah kesan premium dari produk itu sendri. IPhone di produksi secara ekslusif oleh Apple semata. Harga iPhone yang lebih mahal juga memberikan kesan bergengsi bagi penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *