3 Alasan Pakai Masker Masih Sangat Penting saat New Normal

3 Alasan Pakai Masker Masih Sangat Penting saat New Normal

Suarayogyakarta – Masker memang menjadi salah satu elemen penting selama pandemi. Berbagai organisasi kesehatan di dunia menganjurkan pemakaian masker untuk menekan penyebaran virus corona Covid-19.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa masker menjadi hal penting untuk menekan penyebaran virus corona, antara lain:

Mengurangi Penularan Virus

Jika dipakai dengan benar, masker bisa cukup mengurangi risiko penularan virus corona Covid-19.

“Masker bedah dan masker kain dapat mengurangi penularan virus hingga 70 persen jika semua orang memakainya dengan benar di atas hidung dan mulut,” kata Purvi Parikh, seorang ahli alergi dan asisten profesor klinis di Departemen Kedokteran NYU Grossman School of Medicine.

Parikh menekankan bahwa penting untuk tidak sekadar mengenakan masker namun juga memastikan bahwa masker digunakan dengan benar.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC), penggunaan masker yang benar adalah mencuci tangan sebelum memakainya dan memastikan masker menutupi hidung serta mulut.

Mencegah Penyebaran dari Orang Tanpa Gejala

Menurut CDC, diperkirakan 50 persen penularan Covid-19 terjadi sebelum orang mengembangkan gejala. Oleh karena itu, mengenakan masker adalah cara mudah untuk mengurangi risiko penyebaran infeksi yang tidak disadari.

“Masker adalah tindakan altruisme, Anda tidak hanya melindungi diri sendiri dengan mengenakan masker, namun juga orang lain,” kata Rochelle Walensky, MD, kepala divisi penyakit menular di Rumah Sakit Umum Massachusetts dan profesor kedokteran di Harvard Medical School.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *