Statistika, Ilmu penting dalam Informatika

Statistika, Ilmu penting dalam Informatika

Statistika, merupakan cabang ilmu pengetahuan yang sudah tak awam lagi bagi kita semua terutama untuk orang-orang yang menekuni bidang matematika maupun informatika. Tentunya dalam matematika, Statistika memiliki peran banyak untuk segala macam kegiatan seperti perhitungan rata-rata, Modus, peluang dan sebagainya.

Lalu, bagaimana dengan peran statistika dalam informatika? Yuk ketahui apa saja peran dan bagaimana pentingnya peran Statistika dalam Informatika.

  1. Dalam pembuatan perangkat lunak, langkah pertama yang harus dilakukan oleh seorang programmer sebelum membuat sebuah perangkat lunak adalah melakukan studi kelayakan (feasibility study). Pada langkah inilah statistika diperlukan untuk mengetahui siapa yang akan menggunakan aplikasi yang akan dibuat, apakah para pengguna memiliki pengetahuan tentang komputer, dan lain sebagainya. Dengan begitu programmer dapat menentukan seperti apa interface, input dan output dari aplikasi yang dibuat sehingga dapat menghasilkan aplikasi yang user friendly.
    Dalam pembuatan statistik blog/website, dengan memiliki pengetahuan tentang statistika seorang web master mampu membuat sebuah aplikasi statistik berbasis web yang disematkan ke dalam blog/website dalam bentuk plugin atau pun web service. Contoh aplikasi statistik ini diantaranya google analytics, sitemeter, dan lainnya. Dengan menggunakan aplikasi ini pemilik blog/website dapat mengetahui jumlah pengunjung blog/website mereka. Aplikasi ini biasanya ditampilkan dalam bentuk diagram maupun tabel.
  2. Menggunakan software statistika, statistika saat ini menjadi lebih mudah dikarenakan kini tersedia berbagai macam software bantu untuk statistika, baik itu software berbayar seperti MATLAB, manitab, SPSS dan Ms. Excel atau software yang berbasis Open Source seperti GNU SPSS, GNU Octave dan Gnumeric. Hal itu membuat seorang programmer harus memiliki pengetahuan statistika untuk dapat menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut dan juga membaca hasil-hasilnya. Contoh software: SPSS, R, dsb.
  3. Survey yang digunakan perusahaan dalam hal jika ingin memasarkan program atau produk sebagai contoh Microsoft yang ingin mengeluarkan Windows 7, sebelumnya mereka sudah melakukan kegiatan statistika dimana mereka mengumpulkan data tentang beberapa kelemahan pada produk sebelumnya (Windows Vista) dan keluhan-keluhan yang disampaikan customer diseluruh dunia.
  4. Statistika dipakai untuk mengetahui peringkat web yang paling sering dikunjungi oleh pemakai internet di seluruh Indonesia.
  5. Statistika digunakan oleh Departemen Pendidikan Nasional untuk mengetahui jumlah pelajar yang memiliki computer yaitu sebanyak 90% SMU dan 95% SMK telah memiliki komputer. Namun demikian, kurang dari 25% SMU dan 10% SMK yang telah terhubungan dengan Internet Mohandas, 2003). Di tingkat perguruan tinggi, data Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi – dalam Pannen (2005) – menunjukkan bahwa kesadaran dalam pemanfaatan TI dalam proses pembelajaran masih sangat rendah. Analisis terhadap proposal teaching grant, baru 29,69% yang memanfatkan media berbasis teknologi komputer.
  6. Peran Statistik Penting dalam Pembangunan Nasional dikarenakan faktor penentu keberhasilan kegiatan statistik terkait dengan kesediaan responden dalam memberikan data secara jujur, surveyor menjaga kerahasiaan data responden dan tidak memanipulasi data, serta adanya dukungan teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini.
  7. Statistika juga dipakai oleh berbagai survey yang dilakukan beberapa bank swasta ataupun nasional untuk mengetahui seberapa pentingkah penggunaan ATM sehingga bank – bank biasanya menambah jumlah unitnya sehingga memudahkan masyarakat untuk menggunakan ATM tersebut.
  8. Selain itu, dalam hal content creator berupa konten Youtube maupun Instagram atau lainnya. Peran Statistik sangat penting untuk melihat seberapa banyak pengunjung dalam perharinya dan seberapa jauh jangkauan postingan tersebut. Sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam pembuatan konten tersebut.

Kesimpulannya, statistika adalah ilmu yang merupakan cabang dari matematika terapan yang membahas metode-metode ilmiah untuk pengumpulan, pengorganisasian, penyimpulan, penyajian, analisis data, serta penarikan kesimpulan yang sahih sehingga keputusan yang diperoleh dapat diterima. Sehingga statistika bermanfaat membantu orang orang khususnya dalam mengambil keputusan yang selanjutnya dipakai dasar perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi berbagai kegiatan yang dilakukan.Statistika memberikan alat analisis data bagi berbagai bidang ilmu. Dalam pembuatan beberapa perangkat lunak atau software atau aplikasi serta blog seringkali mahasiswa Informatika membutuhkan perencanaan, perhitungan, evaluasi sesuai dengan penerapan yang ada di statistika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *